Server hosting

Software Teknologi Informasi (STI) bergerak dibidang teknologi informasi juga menyediakan layanan Server Hosting  yang mencakup beberapa bagian yaitu :

  1. WEB SERVER
Umumnya digunakan dalam referensi untuk perangkat keras komputer yang menyediakan jasa jaringan luas di dunia Internet, server Web mencakup perangkat keras, sistem operasi, perangkat lunak server, protokol TCP / IP dan konten situs web. Web server memproses permintaan dari Browser untuk halaman web dan melayani mereka melalui HTTP.
  1. HTTP

HyperText Transfer Protocol – protokol yang mendasari yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan Web server dan browser bertindak mengambil dalam menanggapi berbagai perintah. Sebagai contoh, ketika anda memasukkan URL di browser anda, ini akan mengirimkan perintah HTTP dan mengarahkanya ke server Web untuk mengambil dan mengirimkan halaman Web yang diminta.

3. DOMAIN

Sebuah pengalamatan membangun digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan komputer di Internet. Nama domain menyediakan sistem yang mudah mengingat alamat Internet, yang dapat diterjemahkan oleh Domain Name System (DNS) ke alamat numerik (Internet Protocol (IP) nomor) yang digunakan oleh jaringan. (centerklik.com adalah nama domain seperti Google.com)

4. IP ADDRESS

Setiap komputer yang terhubung ke Internet harus memiliki alamat yang unik yang dikenal sebagai IP (Internet Protocol) alamat. Alamat IP adalah alamat numerik ditulis sebagai satu set dari empat angka yang dipisahkan oleh titik, misalnya 64.149.219.213. Alamat menyediakan identifikasi unik dari sebuah komputer dan jaringan.

5. URL

Uniform Resource Locator – alamat global dokumen dan sumber daya lainnya di World Wide Web. Bagian pertama dari alamat menunjukkan protokol yang digunakan, dan bagian kedua menunjukkan alamat IP atau nama domain tempat sumber daya tersebut berada. https://www.centerklik.com/ adalah URL untuk website centerklik.

6. DNS

Domain Name System – sistem nama pemetaan ke alamat IP. Karena nama domain adalah abjad, tentunya lebih mudah bagi manusia untuk mengingat. Internet, bagaimanapun, benar-benar didasarkan pada alamat IP. Setiap kali anda menggunakan nama domain, DNS menerjemahkan nama ke alamat IP yang sesuai. Hal ini mirip dengan buku telepon untuk Internet.

7. FTP

File Transfer Protocol – Memungkinkan transfer dari satu atau lebih file dari satu komputer ke komputer lain di Internet. Biasanya dari komputer pribadi ke Server atau sebaliknya. FTP sepenuhnya dibahas di sini

8. UPLOAD

Mengupload adalah mentransfer file dari komputer lokal anda ke komputer remote, biasanya server.

 

9. DOWNLOAD

Download adalah mentransfer file dari komputer remote atau server ke komputer lokal anda.

10. E-MAIL

Seperti kebanyakan orang sudah tahu E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail dan sekarang merupakan bagian integral dari bisnis dan komunikasi pribadi.

11.  SERVER

Post Office Protocol adalah protokol yang paling umum digunakan untuk mengambil e-mail dari sebuah mail server. Aplikasi  e-mail (kadang-kadang disebut klien e-mail) menggunakan protokol POP, meskipun beberapa dapat menggunakan IMAP baru (Internet Message Access Protocol). Versi terbaru, POP3, dapat digunakan dengan atau tanpa SMTP (e-mail pengirim protokol, singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol). Server IMAP mirip dengan POP server, satu-satunya perbedaan adalah mereka menyimpan e-mail sehingga mereka dapat diambil dari berbagai lokasi atau beberapa pengguna.

12.  WEBMAIL

WebMail – Menyediakan pengguna antarmuka di Internet sehingga mereka dapat mengakses pesan e-mail mereka dari komputer manapun.

13. LAYANAN CGI

CGI adalah singkatan dari Common Gateway Interface. CGI menyediakan metode untuk antarmuka program komputer dengan halaman HTML. Program CGI dapat ditulis untuk melakukan banyak hal yang berbeda, yang meliputi: menghitung pengunjung ke situs web anda; pengolahan data yang diperoleh dari formulir online; dan menciptakan animasi sederhana. Jika Anda ingin salah satu fitur tersebut adalah penting bahwa host anda menyediakan Layanan CGI biasanya dalam bentuk CGI-bin.

14. BANDWIDTH

Bandwidth dalam hal hosting, adalah jumlah informasi yang dapat ditransfer dari server ke Browser. Host biasanya membatasi jumlah bandwidth pengguna telah tersedia per bulan. Sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah file di situs anda dengan ukuran 1Mb dan Anda mempunyai 1Gb bandwidth, maka pengguna bisa men-download file 1000 kali.

15. DISK SPACE

Disk Space – total jumlah kapasitas ruang fisik hard drive atau SSD host yang di sediakan untuk pengguna.

16. DEDICATED SERVER

Dedicated Server adalah salah satu yang hanya memiliki satu situs Web yang berjalan di atasnya. Daripada server bersama atau shared server yang memiliki beberapa situs Web yang disajikan.

Scroll to top